An Introvert's Journey

Introvert? Apasih itu introvert?
Introvert adalah kepribadian manusia yang lebih berkaitan dengan dunia dalam pikiran manusia itu sendiri. Jadi manusia yang memiliki sifat introvert ini lebih cenderung menutup diri dari kehidupan luar. Mereka adalah manusia yang lebih banyak berpikir dan lebih sedikit beraktifitas.
Orang introvert adalah tipe orang yang lebih suka sendirian di kamar daripada nongkrong sama temen. Buat kalian yang intovert, pernah ngga sih wondering gitu hina ngga sih as an introvert? Yaaa, karena aku sendiri seorang introvert dan sering banget pertanyaan itu muncul di pikiran huhuu
Nah sekarang aku mau sedikit share yaa mengenai pengalaman aku sebagai seorang introvert #ceilaaahhh
Ngga pedean, yaaps aku itu orangnya ngga pedeaan banget bahkan buat nyampein pendapat itu eh salah ngga yaa eh jangan-jangan orang bakal mikir macem-macem sama pendapat atau penampilan aku. Yaaa ngga pede yaaa terlalu mikirin what people going to say gitu even akhirnyaa aku masa bodo jugaa dan kembali mikir ngapain harus seperti itu, hidup aku yang penting ngga ngerugiin mereka hahaa eeeh tapi kalo lagi sendiri suka kepikiran lagi dan overthinking. 
Belum lagi kalo ketemu orang baru, huhu susah sekali rasanya membuka topik obrolan. Pernah suatu ketika aku pergi  makan bareng temen kantorku, dan ada 2 orang lagi temannya yang notabene nya juga satu kantor denganku tapi beda cabang. Tapi itu pertama kali aku ketemu dengannya, nah kebetulan teman aku ini ada urusan yang mengharuskan aku ditinggal di tempat makan bersama 2 orang ini. Sepanjang makan aku benar-benar tidak punya topik dan hanya bisa diam. Mungkin, menurut dia aku sombong kali yaaa, tapi ketahuilah mbak otakku ini banyak mikir mau ngobrol apa yaaa mau ajak cerita apa yaa tapi yang terucap ga ada hahaha.
Jangankan dengan orang baru, dengan teman sekantor saja susah sekali dekat kalo ngga dia yang rame atau kita menemukan titik frekuensi yang sama. Entahlah orang bilang apa, tapi sangat susah untukku bisa cair berbicara dan mencairkan suasana.
Belum lagi perasaanku yang terlalu sensitif, sebenernya dalam bersosialisasi tiap hari pasti ada banget nangisnya, kok dia begini yaa kok dia begitu yaaa, tapi cuma bisa diam karena aku merasa hanya perasaanku yang salah, pasti mereka tidak bermaksud demikian, walaupun sudah ku tanamkan seperti itu tetap saja masih suka nangis for many things in the way of interaction! Tapi ada positifnya juga aku jadi berhati-hati dalam becanda dan berbicara dalam diamku wkwk
Sebenernya jujur kadang stress dan sedih banget, jujur masih belum bisa handle dan selalu feel guilty. Tulisan ini adalah salah satu therapyku dan for all introvert persons in the whole world (sok iye berasa blogger terkenal aja hahaaa) Ternyata rasa bersalah introvert itu nyata and dealing  with it is the best thing to do, coba menyalurkan dengan kegiatan yang produktif dan positif! it's okay ayok kita belajar sama-sama struggle bareng. Selama kita tidak merugikan orang lain, menyakiti hatinya, menerima adalah therapy terbaik, perasaan guilty (bersalah) itu kan sesuatu yang normal dan menjadikan kita manusia yang terus memperbaiki diri dan ngga gampang puas terhadap sesuatu. Stop salahkan diri kita, dan terus melakukan self improvement yaa!!! Tunjukkan kalo kita bernilai.
Setelah aku menerima perasaan itu (honestly, on process not totally done), berhenti menyalahkan diri sendiri aku juga belajar harus coba membuat value pada diri kita sendiri. se simple memanfaaatkan waktu sebaik mungkin. It's ok ga banyak interaksi dengan orang, tapi mungkin bisa dialihkan ke kegiatan produkif lainnya, beribadah, deep thinking set the goals, ikut seminar, perbanyak skill dan kompetensi. Sampai detik ini masih terus belajar dan mencoba untuk bisa tingkatin value, setiap awal tahun aku coba buat bucket list kira-kira tahun ini mau ada goals apa ya? Itu juga salah satu semangatku kalo aku lagi down, buka lagi deh list yang aku tulis oiyaa yah dibanding pikirin hal yang ngga penting kenapa aku ngga coba fokus sama goals aku.
Suatu saat nanti aku pasti akan cerita pencapaian apa saja yang udah berhasil aku raih, hehe tapi rasanya hari ini masih belum pantas untuk share walaupun satu demi satu step sudah terlewati! Doain yaa :)
Semoga dengan tulisan aku ini, orang-orang yang membaca bisa mendapatkan ibrah dan manfaatnya yaa!!! Karena sebaik-baik manusia adalah yang paling banyak manfaatnya. Bismillah :)
Have a nice journey guys because life is a journey, so make the best of it yaa!

#Introvertdiary #Introvertjourney


Komentar

Postingan Populer