Pengalaman Hidup di Merauke (Part 1)

  Foto dokumentasi: Rumah Semut Merauke


Gimana sih first impression kalian pas pertama kali denger kota Merauke?
Hahaaa pasti jadi keingetan lagu dari Sabang Sampai Merauke ngga sih? Pokoknya entah itu dimana yaa paling ujung dari Indonesia lah yaa. Pernah bayangin ngga buat tinggal disanaa? Duh bayangin aja pasti udah ngeri yaa, daerah mana itu anta brataa kali yaaa...
Nah setelah sekian lama mengumpulkan mood baru deh kesampaian nulis artikel ini hehe
Iya jadi aku sempet tinggal di Merauke selama 6 bulaan, jangan tanya rasanya gimanaa, nanoo nanooo banget.
Ceritanya dimulai dari 30 Maret 2018, iyaa jadi aku ketrima di salah satu BUMN yang bergerak di bidang transportasi tepatnya PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan Indonesia Ferry (Persero). Gils, panjang banget yaaa namanya wkwk biasa disebut ASDP. Pasti kalian ngga tau ASDP ya? Ok deh gapapa, aku aja pas daftar gatau kok ini perusahaan apa haha tapi kalian pasti tau kan penyebrangan Jawa-Sumatera (Merak-Bakauheni) atau yang sering liburan pasti tau kan pelabuhan penyebrangan Ketapang-Gilimanuk nah itu salah dua dari cabang di ASDP yang ternyata ada 29 cabang dari Sabang sampai Merauke. Nah singkat aja, pada tanggal 30 Maret 2018 tuh adalah hari pembagian SK Penempatan. Setelah menjalani pelatihan selama 6 hari di Bumi Marinir Cilandak (asyik juga ini yee kalo diceritain gimana pengalamannya..... hihiii nanti deh) tibalah hari kita dikumpulkan ke ruangan untuk dibagikan sebuah amplop yang kalo dibuka bisa bikin orang sujud syukur atau nangis 7 hari 7 malem. Ah lebay bgt sih. NOOOOOO, because I did!!! Aku termasuk golongan yang nangis 7 hari 7 malem hahahaha. Alhamdulillah sekarang dah bisa ngetawain tragedi itu sih :D HAHA
Udah deh aku bisik-bisik sama temen di sebelahku, jujur saat itu aku deg-degan cuma kek yaudahlah apa aja diterima dan ngga ada pikiran bakalan penempatan jauh sama sekali, ya kalo aku hitung probabilitasnya, cabang di jawa itu kan ada 5, nah masa sih aku ngga bisa jadi bagian dari peluang 5/29 itu haha. Iyeee diotakku saat itu bener-bener sampai ngitung probabilitas segaleee wkwk atau kemungkinan terburuk cabang di Papua itu kan cuma ada 3, nah sedangkan cabang Non Papua kan ada 26, 26/9 vs 3/29 cuuuy... Dah aku bener-bener positif thinking banget, ngga bakal di Papua bahkan sampai temen disebelahku bilang "Aku deg-degan banget deh tadi sekilas di layar aku liat ada orang yang penempatan di Merauke" dan aku dalam hati cuma bilang ah itu pasti cowo bukan aku. Karena emang lebih banyak cowo dibanding cewe jadi pasti yang cowo ditempatin jauh-jauh. Pikirku. Ternyata aku SALAAH, SALAH BESAR. Pas buka amplop jeng..... jeeng.... jeeeengggg, MERAUKE. Aku terdiam heeemm apa aku mimpi? Temen disebelahku ngeliat dan malah bilang ah itu typo kaliii Merak maksudnya. Aku malah tambah kesel, mana mungkin typo nya banyak bgt gt -_-
Udahlah singkat cerita aku bener-bener nangis terus sebelum hari keberangkatan aku, walaupun nangisnya selalu ngumpet pas orang lain ngga tau, karena ngga mau bikin orang lain kepikiran.
Yang ada di bayangan aku Merauke itu adalah tempat yang sangat menyeramkan, pedalaman, penuh orang kulit hitam (jangan tendensikan ini negatif yaa).
Yaa, tibalah hari keberangkatan aku, 16 April 2018 keberangkatan 00.05 dengan pesawat Batik Air. Iya masih inget banget hiks. Nah udah deh aku cek in duluu, sendirian bener-bener sendiri dari bandara Soekarno Hatta menuju satu tempat yang bener-bener aku ngga tau itu dimana. Pas aku cek in, ngeliat orang-orang yang pada antri banyak orang kulit hitam yang makin mendukung asumsiku tentang keseraman Papua, termasuk Merauke yang pernah kepikiran aja ngga tentang kota itu apalagi buat tinggal disana :(
Perjalanannya cukup panjang, kayak ke ujung duniaaa (hiperbola mode on), di pesawat dari terang gelap terang lagi wkwk
Nah singkat cerita tibalah aku di Merauke, tidak seburuk yang dibayangkan tapi juga bukan yang aku inginkan. Udaranya cukup panas, sepi jauh dari kebisingan. Penduduknya mungkin kalo aku perkirakan 40% penduduk asli, dan 60% dari jawa dan bugis. Setibanya aku di bandara, aku dijemput oleh keluarga yang dikenalkan oleh temanku, alhamdulillah langsung bertemu orang baik. Setelah itu, aku tinggal bersama mereka sekitar 3 minggu. Semuanya biasa aja, masih sama lah kayak di Jawa walaupun hawanya berbeda kek masih uncomfort gitu, ditambah paraah pas mandi airnya bener-bener keruh dan berasa kapur, udah deeh mandi sambil nangis tapi kek pasrah ga bisa apa-apa. Berasa terasingkan, jauh dari keluarga, pokoknya cuma bisa nangis di kamar udaaah hahaha
(bersambuung..........)

Komentar

Postingan Populer