Sebuah Pembelajaran Untuk Menjaga Lisan

Mulut adalah salah satu anugerah dari Allah. Bersyukurlah kita yang punya mulut karena banyak orang di luar sana yang Allah uji dengan penyakit mulut, dengan tuna wicara dll. Gimana sih cara bersyukur dari pemberian Allah? Jawabannya satu: Mempergunakan dengan sebaik-baiknya. Seperti kalo kita dikasih hadiah sama temen, pasti temen kita akan seneng kalo hadiahnya kota jaga baik-baik dan dirawat dipakai untuk hal-hal yang baik. Lalu, apakah kita sudah menggunakannya dengan sebaik-baiknya atau malah sebaliknya?
Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang mengaku beriman kepada Allah dan hari akhir maka ucapkanlah dari lidahnya yang baik saja atau diam.”
Jadi udah jelas yaaa kalo Rasulullah memerintahkan kita untuk berkata baik, kalo ngga bisa kita disuruh diam. Nah coba liat diri kita udah digunain belum sih lisan kita buat berkata yang baik aja?
Kadang suka miris ngeliat sekeliling yang masih suka ngomong ceplas-ceplos dengan dalih udah akrab bahkan kadang ada yang belum akrab aja ngomong ceplos-ceplos. Omongan itu ngga mesti statement yaa bisa aja question. Jadi inget dulu ada temen aku yang biasanya masih pakai celana dan pada hari itu dia pakai pakaian yang syar'i and then agak sedih dengan reaksi orang-orang yang "Halah, masih pacaran juga pakai gituan? Kumat apa lo?" dll why? Sebegitu merugikankankah dengan dia berubah jadi baik dengan memakai begitu? Atau komentar mengenai cara berpakaian orang, that's their style kecuali menurut aku pribadi kalau misalkan ngga sopan mungkin kita bisa tegur yaa itu pun kalo niatnya menasehati ngga di depan banyak orang tapi saat berdua.
Okey ada case lain yang bikin aku sedih ketika perempuan-perempuan yang udah mau menginjak angka 30 tahun, kemudian orang seenaknya tanya "Kamu kapan nikah sih?". Orang yang belum-belum punya anak dikatain "Ih, udah nikah 5 tahun kok belum punya anak. Miris banget kalo denger kata-kata begitu, kita gatau mereka udah usaha atau ikhtiar sekeras apa, alangkah baiknya kalo kita support satu sama lain dan kalau kita mau menasehati yaa ketika berdua bukan di hadapan orang-orang yang malah bikin mereka malu atau bahkan down.
Becanda. Kayaknya ngga ada hari kita lewatkan tanpa adaan selipan candaan di dalamnyaa yaa. Yaa bahkan untuk sebagian orang candaan adalah mata pencaharian mereka (re:pelawak). Ada orang yang jago becanda, ada orang yang menjadi obyek candaan, ada orang yang cuma penikmat candaan atau bahkan ada tipe orang yang datar aja kalo ada candaan. Kira-kira kalian tipe yang man?
“Eh itu baju apa jemuran berjalan?”, “Eh, itu jidat atau lapangan sepak bola?”, “Eh, itu badan apa gentong?” Duuuh kayaknya candaan-candaan kayak gini tuh lazim banget yaa di lingkungan. Terus diketawain bareng-bareng mungkin juga bahkan si obyek candaan juga ikut “ketawa”. Pernah mikir ngga gimana perasaan mereka sebenernya padaa saat kita jadikan mereka sebuah candaan di depan umum buat psikologis mereka. Yaa, mungkin saat itu dia ketawa, tapi yakin mereka beneran ketawa? Banggakah kita dengan menjadikan orang lain sebagai obyek candaan? Mereka itu benda hidup looo yang punya perasaan. Yaaa, aku jujur ngga ngerti dan masih ngga paham kenapa arah candaan itu cenderung ke body-shaming etc intinya shaming. Kalau kita  niat becanda kan bisa ngga menjadikan person sebagai obyeek kira-kira kalau keadaan dibalik emang kalian mau? Mungkin bagi kita  itu adalah kata-kata sederhana hai hai tapi kita ngga tau efek besar apa dibalik sebuah kata. Okey guys jadi di akhir aku cuma mau kasih pesan kalo kita hati-hati dalam berucap, sebisa mungkin apa yang kita omongin itu ngga nyakitin orang lain. Bagaikan kertas yang udah kegores tinta, sekalipun dihapus pake tip-x juga masih ada bekasnya dan ngga akan sebagus tanpa tip-x kan? Kalaupun kita harus menghadapi orang-orang yang ngomongnya nyakitin lebih baik diam jangan balas. Kadang suka heran kenapa orang yang pendiam cenderung dikucilkan? Padahal dia kemingkinan lebih baik dari kita dengan menggunakan lisannya secukupnya. Hisabnya beraaat pasti kan huhu
Maaf yaa kalau artikel aku bahasanya ngga enak dibaca, newbie dan terus belajar! Semoga bermanfaat yaa!

Komentar

  1. MasyaAllah sangat bermanfaat ๐Ÿ‘tingkatkan !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. MasyaAllah thank you so much for your input! InsyaAllah doakan yaa semoga bisa lebih baik lagi ke depannya ๐Ÿ™๐Ÿป๐Ÿ™๐Ÿป๐Ÿ˜Š

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer